Memiliki wajah yang cantik dan sehat tentu menjadi dambaan para wanita. Jika ingin mewujudkan hal ini, kulit wajah harus dirawat dengan benar dan tepat. Menggunakan masker alami masih menjadi pilihan untuk merawat dan menutrisi kulit. Karena selain harganya yang cukup terjangkau, masker alami sangat aman digunakan daripada masker buatan pabrik yang mengandung bahan kimia berbahaya. 

Banyak sekali bahan alami yang digunakan sebagai masker yang dapat digunakan untuk mengencangkan sekaligus memutihkan kulit. Vitamin yang paling berperan untuk mengencangkan dan memutihkan kulit wajah adalah vitamin C. Selain vitamin C, bahan masker alami  di bawah ini memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Yuk kita simak.

1. Tomat

Masker Alami Mengencangkan dan Mencerahkan Kulit Wajah 1

Tomat sangat kaya akan kandungan yang bermanfaat untuk kulit. Bahan ini merupakan salah satu bahan yang banyak direkomendasikan untuk masker kecantikan. Tomat mengandung vitamin C yang dapat mencerahkan wajah serta menjaga kekencangan kulit. Vitamin C pada tomat meningkatkan produksi kolagen alami kulit. Selain itu, tomat juga mengandung Vitamin B kompleks dan likopen yang dapat memperlambat proses penuaan serta menangkal radikal bebas.  Tomat juga banyak digunakan sebagai cara mencerahkan wajah kusam dan kering secara alami karena mengandung kalsium yang membantu melembabkan kulit dari kulit kering dan mengelupas serta meningkatkan produksi sel epidermis.

 Cara membuat masker alami tomat :

Haluskan tomat sampai bertekstur seperti bubur, kemudian oleskan pada wajah selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Anda dapat mencampurkan dengan bahan lain seperti jeruk nipis, lemon, atau madu dengan perbandingan 1 : 1 sendok.

2. Lidah Buaya

Masker Alami Mengencangkan dan Mencerahkan Kulit Wajah 2

Lidah buaya juga menjadi rekomendasi yang paling banyak digunakan untuk mengencangkan dan memutihkan kulit. Lidah buaya ini juga sebagai cara mencerahkan wajah kusam secara alami. Di dalamnya, terdapat kandungan seperti vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan yang melindungi dari radikal bebas, mengencangkan kulit, serta mencerahkan wajah. Zat polisakarida dalam lidah buaya juga mampu mempertahankan kelembaban kulit.

 Cara membuat masker alami lidah buaya:

Kupas kulit lidah buaya, hancurkan dagingnya sampai halus, oleskan pada wajah, diamkan selama 15-20 menit, bilas dengan air hangat. Anda dapat mencampurkan dengan bahan lain seperti mentimun. Karena mentimun kaya akan mineral yang dapat menjaga wajah tampak lebih segar dan lebih cerah. Caranya, haluskan mentimun sampai bertekstur bubur, ambil satu sendok kemudian campurkan dengan satu sendok lidah buaya yang telah halus.

3. Pepaya

 

 

Masker Alami Mengencangkan dan Mencerahkan Kulit Wajah 3

Kandungan vitamin A dan AHA pada pepaya dapat mengangkat sel kulit mati, menghilangkan garis halus dan kerutan, sehingga wajah tampak lebih muda. Selain itu kandungan vitamin C dan E juga meremajakan kulit serta dapat mencerahkan kulit.

Cara membuat masker alami pepaya:

Haluskan papaya, kemudian tempelkan pada wajah, diamkan 15-20 menit, bersihkan dengan air hangat. Untuk hasil yang lebih maksimal anda dapat menambahkan yogurt dan susu.

4. Kentang

 

 

Kentang

Kentang mengandung vitamin C yang dapat mengencangkan kulit wajah. Kandungan vitamin C pada kentang juga sebagai masker untuk mencerahkan wajah dan membersihkan bekas jerawat. Kentang juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, mencegah kerusakan kulit dan kerutan. Selain itu, kentang juga membantu meregenerasi kulit sehingga mencegah penuaan.

 Cara membuat masker alami kentang:

Haluskan kentang, dapat dengan diparut atau diblender, tempelkan pada wajah, diamkan 10-15 menit, bersihkan dengan air hangat. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda dapat mencampurkan dengan serbuk kunyit karena mengandung vitamin C yang dapat mencerahkan dan membuat wajah lebih putih. Campurkan dengan perbandingan 1 : 1.

Bagaimana dengan paparan di atas? Tertarik untuk mencoba masker alami untuk mengencangkan dan memutihkan kulit wajah? Jika iya maka selamat mencoba. Perhatikan jenis kulit anda untuk menggunakan masker alami di atas. Jika memiliki kulit sensitif, maka temukan masker alami tepat yang tidak menyebabkan iritasi.